Statistik
Content View Hits : 2518491

Curah Hujan Desember Masih Tinggi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Palembang memprediksi curah hujan di bulan Desember 2012 cukup tinggi, bisa mencapai 450 mm.

“Lebih tinggi dibandingkan curah hujan pada saat normal yakni 250-300 mm,” ujar Kepala BMKG Kenten Palembang, Mohammad Irdam, Rabu (19/12).

November lalu, curah hujan di wilayah Palembang dan sekitarnya sangat ekstrem, karena mencapai 630 mm. Meskipun pada Desember ini lebih sedikit curah hujannya, namun masih di atas normal.

Akibat curah hujan yang tinggi ini, gelombang laut berpotensi naik. Sebab, curah hujan dan debit air mulai meningkat di perairan. Apalagi menjelang akhir Desember, curah hujan yang semakin tinggi di sekitar selat Jawa, selat Sunda dan Selat Karimata dikhawatirkan akan memicu gelombang tinggi di perairan Selat Bangka.

“Kalau cuacanya buruk, potensi gelombang naik bisa saja. Apalagi kalau terjadi di sekitar selat Jawa dan Sunda, pengaruhnya bisa sampai ke selat Bangka,” ujar Irdam.

Ia menerangkan, gelombang laut saat ini masih tergolong normal, berkisar 1-1,5 meter dan masih bisa dilewati kapal-kapal kecil. Namun jika cuaca memburuk, gelombang bisa mencapai 2 meter menjelang sore dan malam hari.

Untuk itu pihaknya mengimbau pengguna jasa angkutan laut, nelayan serta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kenaikan gelombang. (sigit)

 
Pencarian
Link












Pesan Singkat